Skip to main content

BaileoDOC: (1) Tentang NgoFi


Molucca Project beberapa kali hanya mengikuti perkembangan sepotong-sepotong tentang NgoFi melalui media sosial. Sebuah acara obrolan tentang film yang diadakan di beberapa kafe di kota Ambon. Dan baru sekarang, akhirnya punya kesempatan mengobrol dengan kawan-kawan dari BaileoDOC, walaupun hanya via email, tapi semoga obrolan singkat mengenai apa itu ngoFi? film-film apa saja yang pernah diputar di NgoFi? dan apakah ada pembicara yang pernah diundang untuk datang ke NgoFi? bagaimana proses diskusi berjalan? ada tantangan ketika menjalankan ngoFi? semoga bacaan ini dapat memberikan sebuah angin segar kepada penggemar film khususnya dokumenter di kota Ambon, dan sekaligus mau mengundang penggiat dokumenter di seluruh Indonesia, jika hendak memutar film kalian, silakan kirim email ke baileodoc@gmail.com.





NgoFi atau Ngobrol Film adalah forum apreasiasi film alternatif yang diinisiasi oleh tiga komunitas film yakni BaileoDOC, Obscura Alhazen dan Beta Films, untuk menampilkan film-film buatan anak Indonesia. Bukan hendak melawan dominasi bioskop, akan tetapi kondisinya saat ini, layar-layar yang tersedia di jaringan bioskop besar seperti XXI & CGV tidak menyediakan tempat bagi film-film indie walaupun dengan kualitas yang baik dan diterima oleh penonton Indonesia. Sejak awal NgoFi, memposisikan diri dengan menampilkan film-film yang dikurasi dengan tematik atau berdasarkan kerjasama dengan pihak-pihak yang ingin menampilkan karyanya di Ambon.

Ide NgoFi secara garis besar telah dibicarakan serius sejak tengah tahun  2016 dan baru mulai menggelar pemutaran pada tanggal 21 Januari 2017 bertempat di Cafe Oenew. Pada NgoFi volume #1, tema yang bicarakan "Membaca Arus Sinema Indonesia Timur". NgoFi melihat hal ini penting dibicarakan melihat geliat sinema Indonesia Timur yang kian berkembang. Film yang diputar saat itu, Sepatu Baru (Aditya Ahmad, Makassar), Baju Bola (Piet Manuputty, Ambon) dan Halaman Belakang (Yusuf Radjamuda, Palu). Ketiga film ini dinilai representatif mengutarakan perkembangan dan pencapaian film-film yang ada di regional Indonesia Timur dan Piet Manuputty, sutradara Baju Bola diundang untuk tampil sebagai pembicara.



NgoFi volume #2 bertema "Memahami Keindonesiaan Kita Lewat Sinema", film yang diputar saat itu Cheng Cheng Po (BW Purbanegara, Jogja) dan CinTA (Steven Facius, Jakarta). Tampil sebagai pembicara, Dr. Abdul Manaf Tubaka, Antropolog IAIN Ambon. Saat mendiskusikan dua film ini, penonton begitu antusias karena dapat dikatakatan relevan dengan isu saat itu yakni kasus Ahok di Jakarta. Adu argumen dan kritik terjadi saat melihat film CinTa merepresentasikan cinta beda agama antara etnis Tionghoa dan Muslim.

Ngofi Volume #3 bekerja sama dengan Fourcolors, sebuah rumah produksi yang berbasis di Jakarta, untuk menampilkan Turah (Wicaksono Wisnu Legowo, Tegal). Tema saat itu "Mendiskusikan Turah" dengan mengundang sutradaranya, Wisnu, untuk berkomentar dan menanggapi pertanyaan penonton via skype.

Ngofi Volume #4 bekerja sama dengan Pintoo, jejaring distribusi film yang berbasis di Jakarta untuk memutar karya Kamila Andini berjudul Memoria. Film ini menceritakan tentang perempuan dan kekerasan seksual dan dirasa sangat representatif mewakili tema "Perempuan dalam Sinema". Saat ini NgoFi sedang vakum. Faktor kesibukan tim dan kesulitan mengakses film-film bagus yang sesuai dengan tema yang telah dikurasi jadi penyebab lain.



Tantangan lainnya adalah biaya operasional dan jumlah penonton. NgoFi sadar, sebagai forum alternatif capaian penonton tentu bukan yang utama akan tetapi, untuk pembiayan operasional menjalankan NgoFi masih bergantung pada distribusi penjualan tiket dan sumbangan-sumbangan kawan-kawan lain. Pada dua pemutaran NgoFi yang terakhir, keuntungan penjualan tiket dibagi bersama pihak pembuat film dan jejaring distribusi dengan besaran 70:30. 70 persen untuk  pembuat dan 30 persen untuk NgoFi. Sayangnya, banyak dari penonton, terutama yang berbasis di kota Ambon belum menyadari skema pembagian ini dan merasa bioskop berbayar dengan tontonan yang layak dan menghibur hanya didapat di jejaring bioskop XXI.





Comments

Popular posts from this blog

Tunjukkan Apa yang Kita Cintai Dari Atas Panggung

GRIZZLY CLUIVERT NAHUSULY mulai menyayangi Hip Hop sejak ia masih duduk di kelas tiga SMP. Di tengah-tengah pencarian jati dirinya, Icy, begitu ia disapa, menemukan Hip Hop. Ia merasa tidak hanya menemukan apa yang selama ini ia gemari, ia justru menemukan dirinya sendiri.
"Saya sempat gabung di dalam paduan suara, dan kemudian saya temukan satu warna, yang rasanya saya banget, karena musiknya tidak terlalu mengandalkan suara yang merdu. Akhir 2010, saya tertarik, dan mulai mengikuti sebuah lomba namanya, BKKBN rap contest." Icy memulai ceritanya pada satu petang yang syahdu sambil menyeruput kopi hitam.
Dengan bekal binaan Hanny Wattimena (Hanny, seorang musisi Hip Hop 90-an), Hanny mendedikasikan waktunya untuk mengajar vokal, penguasaan panggung, dan bagaimana berinteraksi di panggung.
"Jam latihan kami waktu itu, biasanya jam 9 malam ke atas. Sejak saat itulah kecintaan saya terhadap Hip Hop mulai menjadi-jadi. Saya merasa bisa berekspresi dengan sesuatu yang membua…

Weslly Johannes : Beta Sayang Kenangan

Weslly Johannes adalah seorang penyair. Ia mencintai kata-kata. Kesan pertama ketika bertemu dengannya adalah ia sangat teduh, seperti melihat lautan, ketika berlayar diatasnya, kemudian baru kita menemukan banyak sekali gelombang-gelombang. Ia menyukai, menghabiskan waktu di daerah sekitar rumahnya, di Ambon, yaitu pada bangku yang terletak di bawah pohon nangka, dari situ ia dapat melihat Tanjung Alang dan matahari tenggelam. Di sanalah kemudian puisi-puisinya lahir. Selain itu Teluk Kayeli, adalah tempat favoritnya, ketika menceritakan tentang Teluk Kayeli, ada rasa haru sekaligus rindu, seperti ingin selalu kembali ke sana. 
Saat ini ia tinggal di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, karena harus menyelesaikan proses Vikaris (proses sebelum kemudian menjadi seorang pendeta) dan kemudian saya adalah orang yang paling beruntung, ketika mendapatkan kesempatan mengobrol dengannya. 
Kata yang paling banyak kita temui di dalam puisi puisi Weslly Johannes yaitu kenangan. Manusia pada akhirnya …

Lebih Peka Dengan Keadaan Sekeliling

Syamsul Bahry Fakoubun atau lebih dikenal dengan nama Andrey Fakoubun, memulai konten youtube-nya dengan tajuk LOKAL VOKAL. Ia telah mewawancarai musisi, rapper, selebgram, hingga caleg muda asal kota Ambon. Molucca Project mengajak Andrey untuk chat dan membahas tentang apa sih yang ada di balik konten LOKAL VOKAL dan mengapa penting untuk mengabarkan kabar baik melalui video. Berikut wawancara singkat kami bersama Andrey:
Mengapa sih tertarik dengan membuat video youtube? Mengapa memilih untuk menjadi yutuber? Kira-kira menurutmu apa dampak besar dari sebuah video yang ditonton olah banyak orang?
Awalnya mau membuat video youtube, karena saya tidak punya skill. Pengetahun tentang sajak terbatas, musik terbatas. Bisa sih, tapi tidak ahli. Kemudian saya kenal dengan orang-orang yang kompeten di bidang itu semua. Nah, youtube saya ini adalah wadah untuk mengapresiasi mereka. Jadi walau tidak punya skill yang sama dengan mereka, saya punya cara lain untuk mengabarkan kepada kawan-kawan di…