Oleh-Oleh Perjalanan Natal Dari Ambon





tiba di ambon dan menikmati langit senja dari depan rumah saya. 

Natal di Ambon selalu heboh setiap tahunnya. Jalan-jalan sudah penuh dengan hiasan pohon terang sejak bulan November. Di jalan-jalan tertentu berbagai pohon pun sudah dihias dengan lampu kelap-kelip. Ini juga merupakan ajang kreativitas masyarakan untuk ide membuat pohon terang yang tidak biasa. Setiap tahun kawan-kawan dapat menemukan ide pohon terang yang berbeda.

pohon terang yang sudah berdiri sejak bulan november.


Yang menyenangkan juga bagi saya merayakan Natal di kota ini adalah aroma cat dari setiap rumah dan aroma bakaran kue dari setiap rumah. Setiap rumah pun penuh dengan kreasi masing-masing, tidak hanya pohon terang yang dihadirkan tetapi juga hiasan di dalam rumah masing-masing.

Ini salah satu contoh pohon terang yang terbuat dari botol bir.



Setiap malam tanggal 24 Desember, kebiasaan keluarga kami adalah berdoa tepat jam duabelas malam. Pada jam itu juga ada tradisi gereja membunyikan loncengnya. Tetapi sekarang karena sebelum jam duabelas pun sudah mulai bunyi petasan dimana-mana, kami selalu memutuskan untuk berdoa lebih awal. Selesai berdoa bersama, para tetangga biasanya berjalan dari satu rumah ke rumah lain untuk saling mengucap selamat Natal.

Oh ya, tanggal 22 dan 23 kemarin ada satu perhelatan bernama Christmas Carol yaitu panggung Natal di tengah jalan. Christmas Carol adalah panggung terbuka untuk setiap musisi dan artis lokal dari Ambon maupun musisi dari Jakarta. Di Christmas Carol kita dapat menyaksikan katreji (tari tradisional Maluku) yang berdansa senang di jalan.


katreji.

Makna Natal buat saya pribadi adalah damai dan sejahtera setiap hari. Merayakan Natal bagi saya itu setiap hari. Artinya lagi damai dan sejahtera itu harus saya bawa kemanapun saya pergi setiap hari.

pohon terang dan pemandangan dari depan rumah saya.


pohon terang di atas dermaga paparisa amahusu.

Semoga suatu waktu kamu bisa menikmati Natal di kota Ambon. 

Comments