Khariza Matitaputty : Maluku itu Aman, Keluarga, dan Jalan





photo by tiara salampessy




Apa sih sebenarnya yang jadi passion kamu? 

Kreatifitas. Kreatif dalam dunia fashion, fotografi, design. Hal-hal yang memberikan saya hidup ketika melakukannya. Bahkan pada titik-titik kecil pada tiap bidang yang saya sebut, seperti memilih warna atau corak. Menyenangkan. Saya juga memiliki passion di dunia sosial, melayani dan mengajar.

Menurut kamu penting nggak  jika anak muda harus punya passion? 

Penting. Menurut saya pasti semua orang muda punya passion, tapi kadang sulit untuk mengenalinya. Kita perlu meluangkan waktu untuk mengenali diri kita sendiri, misalnya dengan memperhatikan jenis buku apa yang banyak menyita waktu kita atau kegiatan apa yang melelahkan sebenarnya tapi menyenangkan dan memuaskan. From those kind of activities we can tell what do we passionate about.

Apakah profesi kamu sekarang? dan apakah profesi itu mengubah hidup kamu?

Mahasiswi dan pengusaha. Menjalankan usaha banyak mengajarkan saya untuk lebih teliti, mau berkoordinasi dengan orang lain, membuka diri untuk mempelajari bahkan menyukai pada hal - hal baru yang mungkin "bukan saya banget."

Adakah hal lain lagi yang ingin kamu capai dalam beberapa tahun kedepan? 

Melayani langsung orang-orang yang membutuhkan dalam bidang kesehatan.

Bagaimana pendapat kamu tentang anak muda Maluku pada saat ini? 

Membangun Maluku adalah kewajiban yang hanya bisa dilakukan bila ada panggilan untuk itu. Membangun Maluku tidak berarti harus kembali ke Maluku dan melakukan sesuatu yang besar. Lakukan dari luar pun dapat berdampak. Sangat penting bagi kita yang ingin membangun Maluku untuk terlebih dahulu mengenali sektor apa yang ingin kita berikan dampak baik, siapkan alasan yang kuat kenapa kita mau menjalankannya, menyusun strategi untuk mencapainya sehingga kita dapat konsisten untuk mencapai tujuan 'membangun Maluku' yang dimaksud.

Bagaimana pendapat kamu tentang anak muda Maluku pada saat ini? 

Anak muda di Maluku sangat kreatif dan memiliki keinginan yang kuat untuk berkembang sesuai bidang mereka masing-masing. Semoga dapat dibarengi dengan rasa tidak cepat puas dan mau terus belajar, amin.

Tempat favorit kamu kalau sedang liburan ke Maluku (berada di kota Ambon) dan kenapa? 

Dermaga paparisa Amahusu - ruang bagi generasi tua dan muda untuk beraktifitas, melakukan pameran atau belajar bersama ditambah laut yang bersih juga sunset yang indah.

Siapa inspirasi terbesar buat kamu? 

 Orang tua.

Apa harapan kamu untuk Maluku? 

Semoga sarana dan prasarana dalam semua bidang khususnya pendidikan dan kesehatan, juga SDM yang berkompentensi baik untuk melayani masyarakat dalam bidang tersebut semakin terpenuhi.

Comments