Aldha Assagaf : Maluku itu Manise, Damai, dan Berkembang







Apa sih sebenarnya yang jadi passion kamu? 

Saya merasa passion saya ada di menulis dan mengajar.

Menurut kamu penting nggak sih jika anak muda harus punya passion? 

Jelas penting, sebab dari passion itu yang akan membantu meraih dan mewujudkan mimpi.

Apakah profesi kamu sekarang? dan apakah profesi itu mengubah hidup kamu?

Profesi saat ini, sementara saya menjadi konsultan di salah satu kantor konsultan di Maluku. Apa profesi mengubah hidup? Alhamdulillah, iya. Dari profesi baru ini banyak ilmu baru yang ditekuni dan in sha Allah akan bermanfaat kedepannya.

Adakah hal lain lagi yang ingin kamu capai dalam beberapa tahun kedepan? 

Ada, saya ingin melanjutkan studi S2 dan menjadi pengajar.

Apa pendapat kamu tentang "membangun Maluku" atau "membangun kampung halaman"?

Membangun Maluku menurut saya adalah suatu upaya yang perlu anak muda lakukan sehingga Maluku mampu bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga tingkat internasional. Sebab adalah tanggung jawab kita selaku anak daerah untuk membesarkan nama daerah.

Bagaimana pendapat kamu tentang anak muda Maluku pada saat ini? 

Saat ini, anak muda Maluku sudah mulai banyak yang peka, banyak anak muda Maluku yang berprestasi dan mengharumkan nama Maluku bahkan sampai ke dunia internasional. Semangat ini yang harus terus menerus dipupuk, sama-sama berjuang sesuai passion masing-masing untuk mengharumkan Maluku.

Tempat favorit kamu kalau sedang liburan ke Maluku (berada di kota Ambon) dan kenapa? 

Biasanya saya lebih banyak menjejakkan kaki di pantai setiap kali liburan. Pantai yang paling sering di datangi pantai Liang, Natsepa, Pintu Kota. Kenapa? Karena melihat birunya laut Maluku berpadu dengan pemandangan yang luar biasa indahnya membuat kedamaian tersendiri dalam hati. Mendengar debur ombak, merasakan sejuknya udara pantai memberi semangat baru untuk menjalani aktivitas setelah liburan.

Siapa inspirasi terbesar buat kamu? 

Tidak ada inspirator terhebat selain kedua orang tua yang sudah dengan setia selama puluhan tahun membentuk karakter anak-anaknya.

Apa harapan kamu terhadap Maluku? 

Semoga ke depan Maluku menjadi daerah timur yang lebih dilihat tidak hanya oleh mata nasional tetapi juga internasional, berkembang pesat dengan segala sarana dan prasarana penunjang, dan semoga laboratorium perdamaian segera terwujud di negeri para raja-raja ini.

Comments