Tentang Pameran Foto : Ambon Bercerita #1








photo by mirelle daphney, salah satu peserta pameran. 


Ambon adalah kumpulan cerita. Cerita-cerita tentang berbagai peristiwa; hal-hal kecil, besar, biasa, maupun luar biasa,  mereka menyatu di dalam ingatan orang-orang yang hidup, berjuang, dan menikmati kota ini hari demi hari. 

Cerita-cerita itu ada di dalam tulisan, nyanyian dan foto yang bertebaran di media massa dan media sosial. Pada masanya, cerita tentang keindahan-keindahan panoramik menjadi gambar yang tertancap begitu kuat di benak banyak orang tentang kota ini. Demikian pula cerita-cerita tentang konflik dan usaha-usaha perdamaian pernah menjadi satu narasi besar tentang Ambon, bahkan Maluku.

Pameran Foto Ambon Bercerita #1 adalah sebuah tindakan kecil yang bertujuan memotret kisah-kisah kecil dari kehidupan sehari-hari sebagai penyeimbang narasi besar tentang Ambon, yang selama ini hanya berisi pengalaman konflik sosial, usaha perdamaian, dan keindahan-keindahan panoramik. 

Paparisa Ambon Bergerak, berkolaborasi dengan komunitas-komunitas kreatif di kota Ambon, memediasi kegiatan yang sebelumnya dilakukan oleh Molucca Project di media online (instagram)  dengan nama #30hariambonbercerita menjadi  pameran foto offline yang berlangsung pada tanggal 19-20 Januari 2016. Di dalam pameran ini akan ada live music dari teman-teman musisi, live sketching dari Kanvas Alifuru dan dan live poem dari Bengkel Sastra Maluku. 

Pameran foto Ambon Bercerita #1 yang digelar di Kafe Pension selama dua hari ini, tidak seperti kebanyakan pameran yang diadakan untuk memamerkan potret-potret fotografer profesional. Namun potret-potret yang ditampilkan oleh peserta, kebanyakan hanya ditangkap menggunakan kamera telepon genggam.  

Tema-tema yang dihadirkan seperti: tifar mayang dan jibu-jibu, demikian pula foto-foto tentang pagi dan suasana malam yang menyenangkan. Selain itu jalanan Ambon, kehangatan keluarga, aktivitas di bandar udara,  pasar, mandi, cerita tentang ikan-ikan, hingga foto bertemakan kucing. Semua tema yang beragam itu sesungguhnya adalah mozaik kehidupan yang membuat Ambon menjadi manis.

Kehidupan sehari-hari yang tampak di sana mengandung banyak pesan, banyak pelajaran. Kesederhanaan-kesederhanaan yang indah itulah yang coba direkam, pada saat orang-orang saat ini begitu sibuk mengagungkan kemewahan.

Pameran foto Ambon Bercerita #1 hanya cerita-cerita kehidupan yang biasa. Foto-foto yang dipamerkan untuk dinikmati sebenarnya adalah cara lain untuk membuat kota ini terus bercerita. Cerita-cerita tentang orang-orang biasa, tempat-tempat biasa, dan hal-hal biasa yang dilakukan setiap hari terlalu indah untuk sekedar dilewatkan: karena di situlah letak denyut nadi kota ini, yang mengajarkan kepada kita tentang harapan yang tak boleh mati. 

text oleh: weslly johannes & theoresia rumthe.

Comments