Rumah Komunitas Bersama: Paparisa Ambon Bergerak Yang Kini Tengah Hits di Kota Ambon




Bicara soal hal-hal yang berbau sumber daya manusia Maluku, baik itu dalam hal kreatif: seperti musik, pendidikan, pariwisata, dan hal-hal lainnya. Saya akan menceritakan tentang Paparisa Ambon Bergerak, sebuah rumah komunitas bersama di kota Ambon. 

Akhir tahun kemarin ketika saya liburan ke Ambon, saya sempat bertemu dengan teman-teman yang waktu itu memang sedang sibuk untuk membicarakan akan berdirinya sebuah rumah komunitas bersama di kota Ambon. Tentu hal ini wajib untuk disambut dengan gembira. 

Beberapa kali pulang ke Ambon dan melihat begitu banyak perkembangan menarik yang terjadi pada komunitas anak muda Maluku, membuat saya berpikir bahwa ada sebuah pergerakan besar yang sedang terjadi di sana. Kreativitas anak muda Maluku layaknya raksasa yang sedang tidur. Sewaktu-waktu raksasa ini bisa saja bangun, jangan kaget!

Paparisa Ambon bergerak resmi didirikan pada 28 January 2015, bertempat di Jalan Diponegoro, Lorong Sagu, nomer 58, Kelurahan Ahusen, Kota Ambon. Paparisa Ambon Bergerak lahir karena bantuan dari teman-teman di ICT Watch Jakarta yang juga mendapatkan bantuan dari Ford Foundation. 

Hingga kini Paparisa Ambon Bergerak sudah "sesak" dengan begitu banyak kegiatan di sana. Dari mulai kelas Public Speaking, kelas sejarah kota Ambon, kelas enterpreunership, kelas musik bersama Ridho "Slank", kelas musik guitar effect, dan masih banyak lagi kelas kelas lainnya yang akan datang. 




Suasana diskusi musik bersama Ridho "Slank"






Diskusi Kebebasan Berpendapat



Kelas Enterpreneurship



Kelas Musik Gitar Effect



Kelas Public Speaking


Di Paparisa Ambon Bergerak terdapat halaman parkir, satu ruangan untuk admin, ruangan untuk istirahat (sholat), ruangan perpustakaan, dan satu buah studio yang saat ini sedang dibangun. Perpustakaan Paparisa Ambon Bergerak menyediakan buku-buku seperti: sosial, politik, hukum, bahasa, motivasi, seni dan sastra, komik dan buku umum lainnya. 



Harapannya, Paparisa Ambon Bergerak dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin bergerak bersama-sama untuk meningkatkan sumber daya warga Maluku dan bagi mereka yang ingin berbagi dan belajar untuk kemajuan bersama. 


Comments

  1. Halo semua basudara,

    Bagaimana caranya kalau ingin berkontribusi Paparisa Ambon Bergerak? Beta baru saja menyelesaikan studi master dan ingin berkontribusi sukarela bagi kemajuan SDM Maluku.

    email beta ya: stevenyohanes22@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment