Mari "Piknik" ke Beberapa Pantai di Kota Ambon




Kota Ambon memang dianugerahi dengan pantai yang indah. Saya mengingat pengalaman ke pantai begitu dekat dengan masa kecil saya. Sejak kecil, bagi saya, hari minggu adalah waktu yang biasanya paling ditunggu-tunggu. Karena hari minggu adalah hari piknik ke pantai. Jika kini di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, mulai dibiasakan untuk piknik ke taman. Kami di Ambon sudah punya kebiasaan itu sejak dulu, bedanya kami pergi piknik ke pantai. Itu sebuah hak istimewa.



Saya akan memulai dengan Pantai Santai, Santai Beach terletak di desa Latuhalat, kecamatan Nusaniwe, kurang lebih 17 km dari pusat kota Ambon. Bagi yang mau ke sini, bisa meggunakan kendaraan sendiri, motor atau mobil. Atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum yang digunakan adalah angkutan umum jurusan Latuhalat. 


Pembatas ini memang sengaja dibangun untuk memisahkan area berenang yang dangkal dan area berenang yang dalam. Tentu saja jika menyukai aktivitas menyelam, Santai Beach bisa juga menjadi pilihan. 


Beberapa perahu nelayan juga menghiasi bibir pantai. Dan lihat anak-anak yang berlari-larian, mereka sedang piknik. Mereka piknik kemana? ke pantai. 


Selanjutnya adalah Pantai Natsepa. Tentu saja semua orang setuju dengan saya bahwa rujak Natsepa adalah yang paling enak. Betul sekali, jika ke Pantai Natsepa, belum afdol rasanya jika tidak mencoba rujak Natsepa. Jajanan lain seperti: sukun goreng, pisang goreng, dan jagung rebus bisa sekalian dicoba. 


Selain itu menikmati senja di Pantai Natsepa tidak kalah manisnya. Pastikan untuk sore-sore datang ke sini bersama pasangan!


Setelah itu adalah Pantai Hukurila, berada di kecamatan Leitimur Selatan. Kesan pertama datang ke sini adalah seperti private beach. Sepi. Hanya ada beberapa anak-anak penduduk setempat yang berenang untuk memancing ikan.




Pantai Hukurila menghadap langsung ke laut Banda. 


Menyenangkan ketika ke sini, karena berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan mereka sangat ramah. 


Pantai Hunimua atau biasanya dikenal dengan nama Pantai Liang, termasuk di dalam Favorit saya. Terletak di desa Liang, dekat sekali dengan pelabuhan ferry ke Pulau Seram. Pantai Liang, juga menjadi salah satu lokasi syuting film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. 


Selamat berperahu, selamat menyelam, selamat menikmati banana boat, selamat menikmati halusnya pasir pantai Liang. 



Selamat datang untuk sekedar meneduhkan kaki dan kepala dari segala kepenatan. Kemudian tentu saja selamat piknik!

(semua foto adalah dokumentasi pribadi penulis)

Comments

Post a Comment