Berkunjung Ke Pulau Nusa Laut Dalam Rangka 300 Tahun Jemaat Ebenhaezer Sila-Leinitu





Pulau Haruku, Pulau Nusa Laut adalah bagian dari  gugusan pulau-pulau di Lease yang terdiri dari Haruku Saparua dan Nusa Laut. Pulau Nusa Laut adalah pulau ke-3 setelah Haruku dan Saparua. Pulau ini juga disebut Pulau anyo-anyo.

Di Pulau Nusa Laut terdiri dari 7 negri yaitu : Sila – Leinitu – Titawai – Abubu – Akong – Ameth – Nalahia. Tiap negeri memiliki jemaat atau gereja tersendiri kecuali Sila dan Leinitu karena letak kedua negeri yang berdekatan.

Jika hendak menuju Pulau Nusa Laut bisa menumpang kapal cepat dari Pelabuhan Tulehu ke Pulau Saparua kemudian melanjutkan perjalanan laut dengan body atau jhonson. Atau juga dengan menumpang kapal ferry. Bedanya kapal ferry hanya di layari sekali dalam 2 minggu. Tapi kapal cepat lebih sering.






Perigi Tiga yang bisa dikunjungi di Pulau Nusa Laut. 



Pantai Kebon Kelapa, silakan berkunjung ke sini dan menikmati pasir putih dan bermain-main dengan kerang-kerang kecil di sekitarnya. 

Dalam rangka 300 Tahun Gereja Ebenhaezer, yang jatuh pada tanggal 28 Maret yang lalu, maka diadakan kebaktian dengan mengundang jemaat-jemaat tidak hanya dari Pulau Ambon juga, tetapi dari beberapa daerah lain seperti Papua, Jakarta bahkan dari Belanda. 


Acara berlangsung dari tanggal 27, 28 dan 29 Maret 2015. Tanggal 27 peserta tiba dengan Ferry, 28 Acara kebaktian pengucapan syukur, 29 Maret kebaktian Minggu dan peserta kembali ke Ambon.




Djouw Louis Pati Sila pounja wactou √† (ditafsirkan sebagai Bapa Raja atau Datuk atau Pati atau  pemimpin pada waktu itu) "Ini  gereja souda moulai badiri akan kapada 28 hari boulang mart taon 1715 : berhabis akan kapada hari Boulang taon 1719."


Ini salah satu bukti bahwa usia Gereja Ebenhaezer di jemaat Sila Leinitu genap berusia 300 tahun pada tanggal 28 Maret 2015. Segitiga ini ditemukan di bawah tegel gereja ketika gereja di renovasi, kemudian di letakkan pada tempatnya sekarang. 


Menurut data sejarah yang diketahui selama ini ada beberapa  gereja tua di Maluku yaitu Gereja Imanuel di Hila Kaitetu dan juga gereja di Pulau Ay Kepulauan Banda. Ada sedikit kesamaan pengucapan antara Hila Kaitetu dan Sila Leinitu. 





Tanggu Panjang di dalam gereja Ebenhaezer, tanggu adalah tempat yang biasanya dipakai untuk menerima persembahan dari jemaat. 



Naik Perahu di Nusa Laut.



Benteng yang ada di Nusa Laut. 

Semoga nanti bisa bertemu lagi di Pulau Nusa Laut dalam acara-acara lainnya dan bisa lebih lama menikmati keindahan wisata alamnya. 

(Photo by: Fanny Rumthe. Text: Fanny Rumthe, Theoresia Rumthe)

Comments