Beberapa Spot Favorit di Pusat Kota Ambon





Jika kita jalan-jalan ke kota Ambon, sejujurnya kita bisa melihat banyak tempat tempat menarik. Mungkin mereka adalah tempat yang sederhana, hanya selewat saja, dan selama ini tidak pernah menjadi tujuan, siapa tahu jika kembali ke kota Ambon lagi nantinya, kamu bisa pergi ke sana. 


Yang satu ini bisa jadi sudah sering dikunjungi. Tentu saja, lapangan Merdeka atau sebutan lainnya yaitu Pattimura Park, merupakan salah satu spot turistik di kota Ambon. Lapangan Merdeka biasanya berfungsi sebagai alun-alun, atau tempat berkumpulnya masyarakat kota Ambon jika memang ada acara-acara tertentu. 


Karena bekas konflik, maka jarang sekali kita mendapatkan bangunan bangunan tua yang masih terpelihara dengan baik, yang satu ini adalah salah satu yang tersisa. Di sekitar tugu trikora, dan di dekat gereja Silo, kamu akan menemukan bangunan menjulang: Rumah Kopi Trikora. Saya sendiri masih belum menyelidiki lebih dalam sebetulnya bangunan ini dulunya apa. 


Masjid Jami, menyenangkan untuk dikunjungi. Bersebelahan dengan Masjid Al-Fattah di pusat kota Ambon. Dari bangunan, sangat vintage. Masjid ini dibangun pada 1860 Masehi. 


Pelabuhan Yos Sudarso, pelabuhan besar yang ada di kota Ambon. Kenapa jalan-jalan ke Pelabuhan akan menyenangkan, karena kita bisa menikmati aktivitas lain: kapal-kapal barang yang sedang menaik-dan-menurunkan barang, anak-anak kecil yang mencari uang dengan menjual jasa mengangkut barang yang ada di sekitar pelabuhan, penumpang yang sedang menunggu jadwal untuk berlayar, atau sekedar iseng naik ke atas kapal yang sedang bersandar, hanya untuk menikmati senja di sekitar Pelabuhan. Ternyata banyak aktivitas yang menyenangkan. 


Pasar Mardika selalu menarik bagi saya. Karena melihat interaksi pembeli dan penjual, melihat ikan-ikan dan sayur-sayuran segar, menikmati lautan biru di sekitar Teluk Ambon, atau sekedar menikmati Mama berkebaya Ambon yang sedang menawar nenas. Pasar adalah aktivitas yang paling nyata kita bisa melihat kesejahteraan sebuah kota. 

Saya masih punya banyak cerita menarik lainnya tentang spot favorit saya di sekitar kota Ambon, tunggu ya!

Comments